Jumat

Soal-Soal PPKN Kelas IV SD (Bag.I)

1.Apa yang dimaksud dengan desa?
Jawab:
Desa adalah suatu wilayah atau daerah yang merupakan bagian dari sebuah kecamatan atau merupakan kesatuan masyarakat yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat.

2.Siapakah yang menjalankan pemerintahan desa?
Jawab:
Desa di pimpin oleh depala desa.

3,Bagaimana cara pemilihan depala desa?
Jawab:
Kepala desa dipilih langsung oleh rakyat.

4.Berapa lama masa jabatan seorang kepala desa?
Jawab:
Masas jabatan kepala desa adalah 6 tahun.

5.Berapa kali kepala desa dapat dipilih kembali untuk menjabat?
Jawab:
Kepala desa dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

6.Siapa yang melantik kepala desa untuk menjalankan roda pemerintahan desa?
Jawab:
Kepala desa dilantik oleh bupati atau wali kota.

7.Berapa lama tenggang waktu kepala desa harus dilantik sejak dinyatakan terpilih?
Jawab:
Kepala desa dapat dilantik paling lambat 30 hari setelah dinyatakan terpilih.

8.Kepala desa mendapat upah atau gaji berupa apa?
Jawab:
Kepala desa mendapat gaji atau upah dari hasil pengolahan tanah yang diserahkan untuk diolah yang disebut tanah bengkok atau tanah carik.

9.Apa saja tugas dan tanggung jawab kepala desa?
Jawab:
Tugas dan tanggung jawab seorang kepala desa adalah:
1).Memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa.
2).Membina perekonomian desa.
3).Membina kehidupan masyarakat desa.
4).Memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat desa.
5).Mendamaikan perselisihan yang terjadi pada masyarakat desa.
6).Mewakili desanya baik di dalam dan di luar pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukumnya.

10.Dalam pemerintahan desa dibentuk suatu badan yang disebut Badan Permusyawaratan Desa (BPD).Apa dasar pembentukan badan tersebut?
Jawab:
Badan Permusyawaratan Desa dibentuk berdasarkan Undang-Undang No.32 tahun 2004.

11.Apa saja fungsi Badan Permusyawaratan Desa?
Jawab:
Badan Permusyawarata Desa (BPD) berfungsi untuk:
1).Melindungi berbagai adat istiadat dan menetapkan peraturan desa bersama dengan kepala desa.
2).Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa.

12.Bagaiman cara anggota BPD dipilih?
Jawab:
Anggota BPD dipilih berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat.

13.Di desa juga dibentuk beberapa lembaga kemasyarakatan.Coba sebutkan lembaga-lembaga tersebut?
Jawab:
Lembaga kemasyarakatan yang dibentuk di desa adalah Lembaga Keamanan Masyarakat Desa (LKMD),Pertahanan Sipil (Hansip),Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga(PKK) dan Karang taruna.

14.Apa yang dimaksud dengan LKMD?
Jawab:
LKMD adalah suatu wadah partisipasi mayarakat dalam pembangunan desa yangmemadukan kegiatan pemerintah desa yang dilakukan secara gotong royong.

15.Siapa yang menjadi pengurus LKMD?
Jawab:
Pengurus LKMD adalah tokoh masyarakat setempat.

16.Apa Fungsi LKMD?
Jawab:
Fungsi LKMD adalah:
1).Membantu pemerintahan desa dalam merencanakan,melaksanakan dan pengendalian pembangunan desa.
2).Memberikan masukan kepada BPD dalam proses perencanaan pembangunan desa.

17.Siapa saja yang menjadi anggota PKK?
Jawab:
Yang menjadi anggota PKK adalah ibu-ibu rumah tangga di suatu desa.

18.Siapa yang menjadi ketua PKK?
Jawab:
Ketua PKK biasanya dijabat oleh istri kepala desa.atau lurah.

19.Apa tujuan lembaga PKK?
Jawab?
PKK bertujuan untuk memberdayakan keluarga,meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian keluarga.

20.Coba sebutkan contoh kegiatan PKK di suatu desa?
Jawab:
Kegiatan yang dilakukan PKK adalah memberi santunan sosial,pelatihan ketrampilan,pos pelayanan terpadu(Posyandu),memberikan bantuan siswa atau mengadakan pengobatan gratis.

21.Apa nama organisasi kepemudaan yang biasa terdapat di desa?
Jawab:
Karang Taruna.

22.Apa yang dimaksud dengan Karang Taruna?
Jawab:
Karang Taruna adalah wadah bagi generasi muda desa untuk menyalurkan pendapat dan kreativitasnya.

23.Apa tujuan organisasi Karang Taruna?
Jawab:
Tujuan Karang Taruna adalah memberikan pembinaan kepada para remaja untuk menjadi individu yang mandiri dan memiliki ketrampilan.

24.Darimana saja sumber pendapatan sebuah desa?
Jawab:
Sumber-sumber pendapatan desa adalah:
1).Pendapatan desa asli,meliputi:
a.Hasil usaha desa.
b.Hasil kekayaan desa.
c.Hasil swadaya dan partisipasi.
d.Hasil Gotong royong.
2).Bantuan pemerintah kabupaten,meliputi perolehan pajak dan retribusi daerah,serta dana perimbangan keuangan pusat dan tingkat daerah.
3).Bantuan pemerintah pusat dan pemerintah propinsi.
4).Sumbangan pihak ketiga.
5).Pinjaman desa.

25.Sumber pendapatan desa dikelola melalui apa?
Jawab:
Sumber pendapatan desa dikelola melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD).

26.Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD)ditetapkan oleh siapa?
Jawab:
Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ditetapkan oleh kepala desa bersama BPD dengan berpedoman pada APBD yang ditetapkan bupati.

27.Apa yang dimaksud dengan kelurahan?
Jawab:
Kelurahan adalah suatu pemerintahan setingkat desa yang berada di perkotaan.

28.Siapa yang memilih dan mengangkat lurah?
Jawab:
Lurah dipilih dan diangkat oleh bupati atau walikota atas usul kepala kecamatan dari pegawai negeri yang berprestasi.

29.Apa syarat untuk warga negara untuk dapat di angkat menjadi lurah?
Jawab:
Syarat seorang lurah adalah harus mampu dan menguasai pengetahuan tentang pemerintahan dan persyaratan lain sesuai peraturan perundang-undangan.

30.Apa saja tugas seorang lurah?
Jawab:
Tugas seorang lurah meliputi:
1).Melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan.
2).Memberdayakan masyarakat.
3).Melayani masyarakat.
4).Menyelenggarakan sistem keamanan agar masyarakat tentram dan tertib.
5).Memelihara prasarana dan fasilitas pelayanan umum di masyarakat.

31.Dalam melaksakana tugasnya lurah bertanggung jawab kepada siapa?
Jawab:
Dalam menjalankan tugas lurah bertanggung jawab kepada bupati atau walikota melalui camat.

32.Coba sebutkan perbedaan pemerintahan desa dan pemerintahan kelurahan?
Jawab:
1)Pemerintah desa.
a.Dipimpin oleh kepala desa yang dipilih rakyat
b.Jumlah penduduk sedikit dan penguasaan teknologi sederhana.
c.Kepala desa bukan pegawai negeri sipil.
d.Di desa terdapat Badan Perwakilan Desa.
2)Pemerintahan Kelurahan.
a.Di pimpin oleh lurah yang diangkat oleh bupati atau walikota.
b.Jumlah penduduk lebih banyak dan maju.
c.Lurah adalah pegawai negeri sipil.
d.Di kelurahan terdapat Dewan Kelyrahan.

33.Apa yang dimaksud dengan kecamatan?
Jawab:
Kecamatan adalah suatu wilayah yang merupakan gabungan dari beberapa desa dan kelurahan.

34.Siapa yang menjadi pemimpin sebuah kecamatan?
Jawab:
Kecamatan dipimpin oleh seorang camat.

35.Siapa yang membantu seorang camat dalam menjalankan tugasnya ?
Jawab:
Dalam menjalankan tugasnya seorang camat dibantu oleh sekretaris kecamatan (Sekcam).

36.Apa saja tugas seorang camat?
Jawab:
Tugas seorang camat meliputi:
1).Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.
2).Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum.
3).Mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan.
4).Mengoordinasikan penyelenggaraan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan.
5).Mengoordinasikan penyelenggaraan dari semua kegiatan pemerintaahan di tingkat kecamatan.
6).Membina penyelenggaraan pemerintahan desa atau kelurahan.
7).Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan juga yang belum dapat dilaksakana pemerintahan desa dan atau kelurahan.

37.Siapa yang mengangkat seorang camat?
Jawab:
Camat diangkat oleh bupati atau walikota atas usulan dari sekretaris daerah kabupaten atau kota.

38.Kepada siapa seorang camat bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya?
Jawab:
Dalam menjalankan tugasnya camat bertanggung jawab kepada bupati atau walikota. melalui sekretaris daerah kabupaten atau kota.

39.Apa tugas seorang sekretaris desa?
Jawab:
Tugas sekretaris desa adalah mengurus administrasi di desa.

40.Apa yang dimaksud dengan perangkat desa?
Jawab:
Perangkat desa adalah sebuah badan yang ada di desa dengan tujuan membantu urusan dalam pemerintahan desa.

41.Meliputi apa saja urusan pemerintahan desa yang menjadi wewenang desa?
Jawab:
Urusan pemerintahan desa meliputi:
1).Mengangkat ketua RT dan RW.
2).Membuat KTP dan Kartu Keluarga (KK).
3).Membantu pemerintah dalam mengumpulkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari masyarakat desa.
4).Membentuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD).

42.Dalam pemerintahan kecamatan ada tiga unsur yang penting.Apa saja ketiga unsure tersebut?
Jawab:
Ketiga unsure penting dalam pemerintahan kecamatan adalah :
1)Camat.
2).Komando Rayon Militer (Koramil)
3)Kepala Kepolisian Sektor (Polsek).

43.Apa yang dimaksud dengan Koramil?
Jawab:
Koramil adalah unsur bagian dari TNI yang ditugaskan di wilayah kecamatan.

44.Apa tugas dari Koramil?
Jawab:
Koramil bertugas menjaga keutuhan wilayah kecamatan dari segala gangguan dan ancaman baik yang datang luar maupun dari dalam.

45.Apa yang dimaksud dengan Polsek?
Jawab:
Polsek adalah unsure kepolisian yang bertugas di wilayah kecamatan.

46.Apa yang dimaksud dengan kabupaten atau kota?
Jawab:
Kabupaten atau kota adalah daerah bagian langsung propinsi yang merupakan gabungan dari beberapa kecamatan yang ada di sekitarnya.

47.Pemerintahan kabupaten dipimpin oleh siapa?
Jawab:
Pemerintahan kabupaten dipimpin oleh seorang bupati.

48.Pemerintahan kota kota dipimpin oleh siapa ?
Jawab:
Pemerintahan kota dipimpin oleh seorang walikota.

49.Apa saja hak-hak pemerintaha daerah kabupaten atau kota?
Jawab:
Hak-hak pemerintahan daerah kabupaten atau kota adalah:
1).Mengatur dan mengurusi sendiri urusan pemerintahanya.
2).Memiliki pemimpin daerah.
3).Mengelola pegawai daerah.
4).Mendapatkan sumber-sumber pendapatan lain yang sah.
5).Mendapatkan hak lain yang diatur dalam perundang-undangan.

50.Disamping mempunyai hak-hak,pemerintahan daerah kabupaten atau kota juga mempunyai kewajiban-kewajiban.Apa saja kewajiban-kewajiban tersebut?
Jawab:
Kewajiban-kewajiban pemerintahan kabupaten atau kota adalah:
1).Menyediakan sarana social dan sarana umum yang layak.
2).Mengembangkan system jaminan social.
3).Menyusun rencana dan tata ruang pada daerah yang bersangkutan.
4).Melestarikan lingkungan hidup.
5).membentuk dan menetapkan berbagai peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan kewenanganya.

51.Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
Jawab:
Otonomi daerah adalah kewenangan daerah mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat.

52.Negara Indonesia dibagi menjadi beberapa propinsi.Ada berapa jumlah propinsi di Indonesia saat ini?
Jawab:
33 propinsi.

53.Di dalam pemerintahan propinsi ada berapa lembaga pemerintahan?
Jawab:
Di propinsi ada 2 lembaga pemerintahan yaitu kepala daerah (Gubernur) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

54.Siapa yang memimpin wilayah propinsi?
Jawab:
Propinsi di pimpin oleh seorang Gubernur dan bdibantu oleh wakil Gubernur.

55.Siapa yang memilih gubernur dan wakil gubernur?
Jawab:
Gubernur dan wakil gubernur dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilukada.

56.Kepada siapa gubernur bertanggung jawab dalam menjalankan pemerintahan?
Jawab:
Gubernur bertanggung jawab kepada presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

57.Apa saja tugas dan wewenang seorang gubernur?
Jawab:
Tugas dan wewenang seorang gubernur adalah:
1).Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah di tingkat kabupaten atau kota.
2).Penyelenggaraan urusan pemerintah di daerah propinsi dan kabupaten atau kota.
3).pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan tugas pembantuan di daerah propinsi dan kabupaten atau kota.

58.Apa yang dimaksud dengan DPRD?
Jawab:
DPRD adalah merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsure penyelenggaraan pemerintahan daerah.

59.Siapa saja yang menjadi anggota DPRD?
Jawab:
Anggota DPRD terdiri dari berbagai partai politik yang dipilih melalui pemilihan umum.

60.Berapa jumlah anggota DPRD propinsi?
Jawab:
Jumlah anggota DPRD propinsi adalah sekurang-kurangnya berjumlah 35 orang dan paling banyak 100 orang.

61.Apa fungsi DPRD?
Jawab:
Fungsi DPRD adalah:
1).Fungsi legislasi (menyusun peraturan daerah)
2).Fungsi anggaran.
3).Fungsi pengawasan.

62.Apa saja urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah propinsi ?
Jawab:
Urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah propinsi adalah:
1).Perencanaan dan pengendalian pembangunan.
2).Pelayanan kependudukan dan catatan sipil.
3),Pengendalian lingkungan hidup.
4).Penyediaan sarana dan prasarana umum.
5).Penanganan bidang kesehatan.

63.Hak dan kewajiban daerah diwujudkan dalam bentuk rencana kerja pemerintah daerah.Dijabarkana dalam bentuk apa rencana kerja tersebut?
Jawab:
Rencana kerja daerah diwujudkan dalm bentuk pandapatan,belanja,dan pembiayaan daerah (RAPBD).

64.Kepala daerah propinsi disebut apa?
Jawab:
Kepala daerah propinsi dikepalai oleh seorang gubernur.

65.Kepala daerah kebaupaten atau kota disebut apa?
Jawab:
Kepala daerah kabupaten atau kota disebut bupati atau walikota.

66.Pemerintah daerah memiliki perangkat daerah.Meliputi apa saja perangkat daerah kabupaten atau kota?
Jawab:
Perangkat daerah kabupaten atau kota meliputi:
1).Sekretariat daerah.
2).Sekretariat DPRD.
3).Dinas daerah.
4).Lembaga teknis daerah.
5).Kecamatan.
6).Kelurahan.
7).Polisi pamong praja.

67.Siapa yang memimpin secretariat daerah?
Jawab:
Sekretariat daerah dipimpin oleh sekretaris daerah.

68.Apa tugas dan kewajiban sekretaris daerah?
Jawab:
Sekretaris daerah mempunyai tugas dan kewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

69.Kepada siapa sekretaris daerah bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya?
Jawab:
Dalam menjalankan tugasnya sekretaris daerah bertanggung jawab kepada kepala daerah.

70.Sekretaiat DPRD dipimpin oleh siapa?
Jawab:
Sekretariat DPRD dipimpin oleh sekretaris DPRD.

71.Siapa Yang mengangkat dan memberhentikan sekretaris DPRd?
Jawab:
Sekretaris DPRD diangkat dan diberhentikan oleh gubernur untuk propinsi dan bupatiatau walikota untuk kabupaten atau kota.

72.Apa saja tugas sekretaris DPRD?
Jawab:
Tugas sekretaris DPRD meliputi:
1).Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan DPRD.
2).Menyelenggarakan administrasi keuangan DPRD.
3).Menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.
4).Mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD.

73.Dinas daerah dipimpin oleh siapa?
Jawab:
Dinas daerah dipimpin oleh kepala dinas.

74.Siapa yang mengangkat dan memberhentikan kepala dinas?
Jawab:
Kepala dinas diangkat dan diberhentikan oleh kepala daerah atas usul sekretaris daerah.

75.Apa yang dimaksud dengan lembaga teknis daerah?
Jawab:
Lembaga teknis daerah adalah unsur pendukung tugas kepala daerah.

76.Apa tugas dari lembaga teknis daerah?
Jawab:
Lembaga teknis daerah bertugas dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat khusus.

77.Apa saja bentuk-bentuk lembaga teknis daerah?
Jawab:
Lembaga teknis daerah berbentuk badan,kantor atau rumah sakit umum daerah.

78.Apa yang dimaksud dengan kelurahan?
Jawab:
Kelurahan adalah daerah pemerintahan yang dibentuk di wilayah kecamatan yang ada di perkotaan dengan peraturan daerah yang berpedoman pada peraturanpemerintah .

79.Apa yang dimaksud dengan Satuan polisi pamong praja?
Jawab:
Satuan polisi pamong praja adalah perangkat pemerintah daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta penegak peraturan daerah.

80.Selain gubernur,dipemerintahan propinsi terdapat juga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.Apa saja tugas dan wewenang DPRD?
Jawab:
Tugas dan wewenang DPRD meliputi:
1).Bersama gubernur membuat peraturan daerah (perda).
2).Bersama gubernur membahas dan menyetujui rancangan APBD.
3).Melaksanakan bentuk pengawasan terhadap perda dan peraturan perundang-undangan lainya.
4).Mengusulkan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah kepada presiden melalui menteri dalam negeri.
5).Memilih wakil kepala daerah jika terjadi kekosongan jabatan.
6).Memberikan pendapat dan pertimbangan terhadap rencana perjanjian internasional di daerah.
7).Memberikan persetujuan rencana kerjasama internasional.
8)Meminta laporan pertanggung jawaban kepala daerah.
9).Membentuk panitia pengawas pemilihan kepala daerah.
10).Memberikan persetujuan terhadap rencana kerjasama antar daerah.

81.Selain mempunyai tugas dan wewenang,DPRD juga mempunyai hak.Apa saja hak yang dimiliki oleh DPRD?
Jawab:
1).Interpelasi
2).Angket.
3).Menyatakan pendapat.

82.Disampingmempunyai tugas dan wewenang serta hak,DPRD juga mempunyai kewajiban.Apa saja kewajiban DPRD?
Jawab:
Kewajiban DPRD meliputi:
1).Mengamalkan Pancasila,melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,dan menaati segala peraturan perundang-undangan.
2).Melaksanakan kehidupan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.
3).Mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
4).Memperjuangkan peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah.
5).Menyerap,menampung,menghimpun,dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.
6).Mendahulukan kepentingan Negara di atas kepentingan pribadi,kelompok,dan golongan.
7).Memberikan pertanggungjawaban atas tugas dan kinerja selaku anggota DPRD terhadap daerah pemilihanya sebagai bentuk tanggung jawab moral dan politis.
8).Menaati peraturan,tata tertib,kode etik,dan sumpah atau janji anggota DPRD.
9).Menjaga norma dan etika dalam hubungan kerja dengan lembaga terkait.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih :)
sangat bermanfaat

Anonim mengatakan...

Trimakasih;)

Poskan Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting